OMK DUDES: “Udah Disakiti, Tapi Mau Memaafkan #Katolikmahgituorangnya”

Itulah salah satu contoh tulisan bergambar yang disajikan akun Instagram @omk.dudes. Yuk, kenalan lebih dekat.

Dewasa ini, kemajuan teknologi dan informasi berkembang begitu cepat sehingga menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat. Membangun jaringan dan interaksi dengan orang lain kian mudah, tanpa batasan jarak dan waktu. Sayangnya, tidak ada filter dalam penyebaran informasi menjadikan internet diibaratkan pisau bermata dua. Jika tidak bijak menyikapinya, dampak negatif pun ikut memengaruhi kehidupan kita, terutama kaum muda.

Berangkat dari kekawatiran tersebut, OMK.dudes coba memberikan alternatif atau penyeimbang informasi di kalangan anak muda (OMK). Tentunya, dengan konten positif.

Melalui media sosial, OMK.dudes menyajikan informasi dengan cara berbeda. Gambar-gambar (meme) dan video-video humor mengangkat realitas spiritual di kalangan OMK. Sindiran halus yang menyentil menjadi alat dalam mengelitik kebiasaan anak muda. Meski demikian, para admin tetap merujuk situs web Katolik tepercaya sebagai sumber informasi, misalnya www.katolisitas.org, www.ekaristi.org, atau www.imankatolik.or.id.

Puji Tuhan, respons baik diterima. Kurang dari 3 bulan, @omk.dudes sudah memiliki  hampir 900 followers yang tersebar di seluruh Indonesia. Per 17 Oktober 2017, jumlah pengikut mencapai 18.129 followers . Berbagai paroki dan latar belakang budaya menjadi bukti bahwa OMK di manapun asalnya memiliki kebiasaan relatif sama.

Paus Benediktus XVI pernah berujar, umat Katolik secara khusus kaum muda sebaiknya menggunakan media digital dalam memberitakan kabar gembira. Tuhan telah menjadi manusia, menderita, wafat, dan bangkit untuk menyelamatkan manusia.

Harapan kami selaku admin, OMK dapat menghadapi tantangan zaman yang terus berubah. Tidak hanya berkumpul dengan saudara seiman dan membuat kegiatan, tetapi juga harus memiliki pengetahuan tentang apa yang diimani. Dengan demikian, OMK bisa benar-benar menjadi “OMK” (Ora/tidak Mudah Kepengaruh). Semoga OMK menjadi benteng terdepan menjaga dan mengasihi Gereja yang satu, kudus, dan apostolik. Amin. [Mimin OMK.Dudes]