Pastur Clemens Tribawa Saksana, OSC


Selasa, 1 Mei 2018 merupakan hari yang membahagiakan bagi Pastur Clemens Tribawa Saksana, OSC. Di hari buruh internasional itu, Pastur Bowo (demikian biasanya disapa umat) merayakan hari kelahirannya yang ke-54 tahun. Suasana pasturan di Paroki Karawaci pun dipenuhi umat yang ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Pastur Bowo, sejak sore hingga malam hari.
Namun demikian, masih banyak umat yang belum mengenal Pastur asal Sleman, Yogyakarta itu lebih jauh. Maklumlah, Pastur Bowo baru berkarya di Paroki Karawaci pada bulan Oktober 2017.
Berikut sekilas data tentang Pastur Bowo :
Nama Lengkapnya adalah Clemes Tribawa Saksana, OSC. Ia mulai menjalani panggilan dari Seminari Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1982 melalui program Kelas Persiapan Atas (KPA). Sosok yang kerap memakai kacamata ini pun memilih Ordo Salib Suci (OSC) dan melanjutkan ke Biara Sultan Agung pada 1983. Selanjutnya pada 1986, ia pindah ke Biara Pratista.
Akhirnya, jenjang-jenjang pendidikan panggilan yang dilalui pun mengantarkannya pada pentahbisan imamat pada 13 Desember 1991. Setelah tahbisan, ia mulai menjalani karya panggilannya hingga pada 1993 di Paroki Cigugur. Tak berhenti di sana,ia kembali menjalani studike Roma hingga tahun 1998.
Usai mengenyam studi di Roma, Pastur Bowo kembali ke Indonesia. Ia berkarya di gereja-gereja yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan, ia juga sempat berkarya di Papua selama 12 tahun, yakni mulai tahun 1999 hingga 2011. Dari Papua Pastur Bowo mendapat tugas perutusan untuk melayani umat di Medan, Sumatera Utara. Dan setelah menunaikan tugas di Gereja Katolik Santo Joseph Tebing Tinggi, pastur yang gemar otomotif itu ditugaskan di Paroki Karawaci, Gereja Santo Agustinus, pada tahun 2017 hingga sekarang.