Pandemi sebagai Refleksi bagi Gereja yang Berbela Rasa

Perubahan nama Tahun Konsolidasi menjadi “TAHUN REFLEKSI” telah diputuskan Bapak Uskup dalam pertemuan dengan perwakilan PPTKD KAJ di Wisma Keuskupan pada hari Selasa, 10 November 2020.

Atas dasar semangat tersebut maka segenap jajaran Dewan Paroki menyelenggarakan Rapat Karya 2020 secara virtual yang berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 November 2020.

Adapun Rapat Karya kali ini hanya menekankan pada Prokarum 2021 yang telah disesuaikan dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Sebagai penyelenggara Rapat Karya 2020, maka tahun ini Bidang Penelitian dan Pengembangan Paroki (BP3) bersama Bidang Perencanaan dan Evaluasi (PE) diberikan kepercayaan untuk melaksanakan Rapat Karya 2020 secara online.

Adapun sosialisasi Program Karya 2021 disampaikan kepada segenap peserta Dewan Paroki melalui sarana aplikasi pertemuan Ms. Team. Walaupun pertemuan ini dilakukan secara online namun tidak menutup semangat dan antusias peserta untuk mengikuti jalannya pertemuan yang dilakukan 2 hari dari rumah masing-masing.

Semoga Allah yang Maha Rahim, yang telah memulai pekerjaan baik dalam diri kita, berkenan menyempurnakannya dan Bunda Maria menyertai, menuntun serta meneguhkan upaya-upaya kita
-ARDAS KAJ 2016-2020-


Acara dibuka tepat pukul 19:00 oleh Romo Paroki Stefanus Suwarno, OSC dan dihadiri oleh segenap Ketua Lingkungan, Koordinator Wilayah, Koordinator Bidang dan Stasi serta Ketua Seksi dan Kategorial. Sebagai bentuk Refleksi Gereja untuk menghadirkan kasih Allah dimasa pandemi, maka adalah tugas seluruh Dewan Paroki Pleno untuk mendukung dan mempertanggungjawabkan Program Karya Pelayanan (Prokar) Paroki dan melaksanakan karya pastoral- evangelisasi bersama seluruh umat paroki sesuai dengan Prokarum yang telah disepakati bersama.

Tahun Refleksi menjadikan perenungan apakah program-program yang akan kita lakukan sudah mencerminkan bela rasa ataupun pemberdayaan umat yang terkena dampak pandemi? Tentunya karya karitatif tetap dapat selaras dengan ide-ide untuk dapat memberdayakan umat prasejahtera khususnya di Paroki tercinta. Pemaparan Program Seksi dibagi menjadi 2 sesi dengan jadwal sebagai berikut :

Sesi 1: Sabtu, 14 November 2020 Pk. 19:40 – 21:30
Bidang Peribadatan
Bidang Pewartaan
Bidang Persekutuan
Bidang Pelayanan

Sesi 2: Minggu, 15 November 2020 Pk. 13:25 – 15:30
Bidang Kesaksian
Bidang Pelatihan & Pengembangan
Bidang Perencanaan & Evaluasi
Bidang Pendampingan Teritorial & Kategorial
Bdang Stasi Santo Petrus

Sesi hari kedua dibuka oleh Romo Antonius Budiman, OSC yang memberikan motivasi kepada peserta Rapat Karya selaras dengan tema yang diusung pada Rapat Karya tahun ini
“Pandemi, Sebagai Refleksi bagi Gereja yang Berbela Rasa”. Semangat antusias dari peserta ditunjukkan dengan pertanyaaan yang disampaikan dalam link pertanyaan Rapat Karya 2020 dan games interaktif sepanjang acara berlangsung.

Tebak gambar, lagu dan Tiktok challenge juga menjadi penyemangat bagi para peserta mengikuti perkembangan hiburan kekinian di media sosial antar lintas generasi. Selamat kepada wilayah yang sudah mendapatkan apresiasi dari panitia atas partisipasi selama acara berlangsung.

Pemenang Tiktok Challenge Rapat Karya 2020
1. Wilayah Theresia
2. Wilayah Phillipus

Pemenang Point Semangat Rapat Karya 2020
Terbaik 1 Wilayah Pius
Terbaik 2 Wilayah Lucia
Terbaik 3 Wilayah Emmanuel

Dalam kesempatan ini disampaikan pula berita suka cita terkait pemberian Sakramen Maha Kudus (SMK) kepada umat yang selama masa pandemi tidak dapat mengikuti misa secara offline di Gereja karena faktor usia. Ketentuan dan mekanisme pemberian SMK akan diatur dalam pertemuan berikutnya.

Acara Sosialisasi Program Karya 2021 telah berjalan baik dan lancar, walaupun ada beberapa gangguan jaringan di tempat peserta tapi tidak mengurangi semangat peserta mengikuti acara ini. Acara ditutup oleh Romo Stefanus Suwarno, OSC dengan rangkuman yang dikemas dalam: Catatan Rakar 2020 Paroki Karawaci