HARI MINGGU BIASA III

Bacaan Pertama              : Yun. 3:1-5.10

“Orang-orang Niniwe berbalik dari tingkah lakunya yang jahat”

Untuk kedua kalinya Tuhan berfirman kepada Yunus,”Bangunlah, dan berangkatlah ke Niniwe, kota besar itu. Sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu.” Maka bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya; tiga hari  pejalanan luasnya. Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru,” Empat puluh hari lagi Niniwe akan ditunggangbalikan!” Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa; baik orang dewasa maupun anak-anak mengenakan kain kabung. Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah atas terhadap mereka; dan Ia pun tidak jadi melakukannya.             

Demikianlah Sabda Tuhan                  

U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan    PS:845

Bacaan Kedua    : 1Kor.7:29-31

“ Dunia seperti yang kita kenal sekarang ini akan berlalu”

Saudara-saudara, waktunya singkat! Sebab itu dalam waktu yang masih sisa ini mereka yang beristri hendaknya berlaku seolah-olah tidak beristri, orang-orang yang menangis seolah-olah tidak menangis; orang-orang yang gembira seolah-olah tidak gembira; dan orang-orang yang membeli seolah-olah tidak memiliki apa yang mereka beli. Pendeknya orang-orang yang menggunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya: Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang ini akan berlalu.

Demikianlah Sabda Tuhan                                      

U. Syukur kepada Allah.   

Bait Pengantar Injil    : PS. No.962

Bacaan Injil   : Mar. 1:14-20

“ Bertobatlah dan percayalah kepada Injil! ”

Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea, memberitakan Injil Allah. Yesus berkata, ”Saatnya telah genap.  Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka itu penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka,” Mari, ikutlah AKu, dan kamu akan Aku jadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya, dan mengikuti Yesus. Setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, Ia melihat Yakobus, anak Zebedius, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka, dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedius, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya. Lalu mereka mengikuti Yesus.

 Demikianlah Injil Tuhan

 U. Terpujilah Kristus