HR MINGGU PRAPASKAH I, 21 FEBRUARI 2021

Bacaan Pertama : Kej. 9:8-15

Perjanjian Allah dengan Nuh sesudah ia dibebaskan dari air bah.

Sesudah air bah, berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anak Nuh yang bersama-sama dengan dia, “Camkanlah, Aku mengadakan perjanjian dengan kamu dan dengan keturunanmu dan dengan segala makhluk hidup yang ada bersertamu, yakni burung-burung, ternak, dan binatang-binatang liar di bumi, segala yang keluar dari bahteramu,segala binatang di bumi. Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak kini segala yang hidup takkan dilenyapkan oleh air bah lagi dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.” Dan Allah berfirman,”Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk hidup yang ada sertamu, turun-temurun untuk selama-lamanya Pelangi-Ku akan Kutempatkan di awan sebagai tanda perjanjian antara Aku dan bumi. Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan pelangi itu tampak di awan, maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah Kuadakan dengan kamu dan dengan segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa. Tidak akan ada lagi air bah yang memusnahkan segala yang hidup.”

Demikianlah Sabda Tuhan                                                                                                                               

 U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan    PS:845

Bacaan Kedua : 1 Ptr. 3:18-22

Air itu melambangkan pembaptisan yang kini menyelamatkan kamu

Saudara-saudara terkasih, Kristus telah mati satu kali untuk segala dosa kita. Ia yang benar telah mati untuk orang-orang yang tidak benar,supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia telah  dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh, dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu roh-roh mereka yang pada masa Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan dari air bah itu. Air itu melambangkan pembaptisan yang kini menyelamatkan kamu, bukan degan membersihkan kenajisan jasmani, melainkan dengan memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah berkat kebangkitan Yesus Kristus, yang telah naik ke surga dan kini duduk disebelah kanan Allah, setelah Ia menaklukan segala malaikat, kuasa dan kekuatan kepadanya.

Demikianlah Sabda Tuhan                                                                                                                               

 U. Syukur kepada Allah. 

Bacaan Injil   : Mrk. 1:12-15

“Yesus dicobai oleh Iblis, dan malaikat-malaikat melayani Dia..”

Sekali peristiwa Roh memimpin Yesus ke padang gurun. Di padang gurun itu selama empat puluh hari Yesus  dicobai oleh Iblis. Ia tinggal bersama dengan binatang-binatang liar, dan malaikat-malaikat melayani Dia. Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah. Kata-Nya, “ Saatnya telah genap, Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”

    Demikianlah Injil Tuhan

  U. Terpujilah Kristus

J