Seksi Katakese

Katekese merupakan salah satu seksi dari dewan paroki yang berperan memberikan pembekalan, pengajaran, pembinaan iman kepada umat yang diberikan oleh para katekis (guru agama). Sie Katekese dibagi dalam sub-sub seksi katekese sebagai berikut:
Sub Seksi Katekumen Sub seksi katekumen memberikan pengajaran, pembinaan dan pembekalan kepada para simpatisan yang ingin menjadi Katolik, atau dengan kata lain mempersiapkan para calon baptis. Pelayanan sub seksi katekumen ini meliputi :
1.
Baptis Bayi Baptis bayi diperuntukan bagi anak yang berusia di bawah 3 tahun dengan persayaratan pernikahan orangtuanya secara Katolik dan ibunya sudah dibabtis secara Katolik. Baptis bayi ini biasanya dilaksanakan setiap 3 bulan sekali oleh paroki.
a.
Baptis Dewasa Lamanya pembinaan adalah 1 tahun. Pembinaan calon baptis dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 10.30 bertempat di SD Strada Slamet Riyadi. Saat ini di paroki terdapat 5 orang Katekis yang membimbing para calon baptis, sedangkan di stasi St. Petrus Ps. Kemis terdapat 6 orang Katekis dan untuk waktu dan tempat pembinaannya disesuaikan dengan jadwal dan situasi di stasi. Pada baptis dewasa ini, bagi calon baptis yang berusia minimal 14 tahun maka mereka akan menerima Sakramen Inisiasi secara penuh (Baptis, Krisma, Ekaristi).
b.
Baptis dewasa dibagi ke dalam 2 periode, yaitu periode Natal dan periode Paskah. Baptis dewasa sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
Ketika anda mendekati Tabernakel, ingatlah bahwa Ia telah menanti anda selama dua puluh abad – St. Josemaria Escriva
40
Di kaki salib, seseorang belajar tentang cinta, tapi Aku tidak memberikan ini kepada semua orang, hanya kepada jiwa-jiwa yang paling Aku kasihi. – Yesus kepada St. Padre Pio
41
Kelompok Kristen Kelompok Umum Kelompok Anak
Sub Seksi Mistagogi Sub seksi ini mempunyai peran memberikan pendampingan kepada para baptisan baru selama lebih kurang 3 bulan. Dalam pendampin gan para baptisan baru diarahkan untuk lebih mengenal iman Katolik lebih mendalam. Para baptisan baru diajak untuk lebih menghayati imannya dengan terlibat langsung secara aktif di dalam hidup menggereja dan bermasyarakat, seperti: doa bulanan di lingkungan, latihan koor lingkungan, sharing/pendalaman iman lingkungan, mengikuti perayaan Ekaristi secara rutin, serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
Sub seksi ini biasanya mulai melaksanakan kegiatannya 2 minggu setelah baptisan dilaksanakan. Kegiatannya dilaksanakan di gereja setiap pukul 15.00 dlam bentuk sharing pengalaman. Untuk saat ini Paroki Santo Agustinus baru mempunyai 2 orang katekis yang menangangi mistagogi.
Sub Seksi Komuni I Sub seksi ini mempunyai peran memberikan bimbingan dan pem bekalan kepada anak-anak yang akan menyambut Tubuh Kristus untuk pertama kali. Pembekalan atau bimbingan yang dilakukan agar anak lebih dapat memahami dan menghayati Ekaristi dalam misa maupun dalam hidup seharihari sehingga mereka dapat menyambut Tubuh Kristus dengan penuh iman. Masa pembelajaran dilaksanakan selama 3 bulan. Paroki Santo Agustinus menerimakan Sakramen Komuni I setiap 1 tahun sekali kepada anak-anak yang sudah mememnuhi persayaratan. Dalam pelayanannya sub seksi ini memiliki 10 orang katekis yang berkarya di paroki dan 3 orang katekis yang berkarya di stasi St. Petrus Ps Kemis.
Sub Seksi Krisma Sub seksi ini mempunyai peran memberikan bimbingan dan pem bekalan kepada umat agar lebih dewasa di dalam iman. Sub seksi ini melaksanakan kegiatannya setiap 2 tahun sekali dan terdapat 10 orang katekis yang berkarya di paroki dan 3 orang katekis yang berkarya di stasi St. Petrus Pasar Kemis.
2.
3.
4.
Baptis Dewasa Lamanya pembinaan adalah 1 tahun. Pembinaan calon baptis dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 10.30 bertem pat di SD Strada Slamet Riyadi. Saat ini di paroki terdapat 5 orang Katekis yang membimbing para calon baptis, sedang kan di stasi St. Petrus Ps. Kemis terdapat 6 orang Katekis dan untuk waktu dan tempat pembinaannya disesuaikan dengan jadwal dan situasi di stasi. Pada baptis dewasa ini, bagi calon baptis yang berusia minimal 14 tahun maka mereka akan menerima Sakramen Inisiasi secara penuh (Baptis, Krisma, Ekaristi).
Baptis dewasa dibagi ke dalam 2 periode, yaitu periode Natal dan periode Paskah. Baptis dewasa sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
Sub Seksi Bina Iman Anak (BIA) Bina Iman Anak di Paroki Santo Agustinus sudah ada sebelum gedung gereja Santo Agustinus itu berdiri, tahun 1982 yang dipelopori oleh Ibu Caecila Wuryati (biasa dipanggil Ibu Sisil kepala sekolah TK Dewi Sartika 3 sewaktu itu), dibantu oleh rekan-rekan guru lainnya, diantaranya Ibu Yanti, Ibu Maria dan banyak lagi. Kegiatan berlangsung di kelas-kelas setiap seminggu sekali.
Orang muda terkasih, jangan mengubur talenta-talenta, karunia yang diberikan Allah padamu. Jangan takut memimpikan hal-hal besar. – Paus Fransiskus
42
Sub Seksi Mistagogi Sub seksi ini mempunyai peran memberikan pendampingan kepada para baptisan baru selama lebih kurang 3 bulan. Dalam pendampin gan para baptisan baru diarahkan untuk lebih mengenal iman Katolik lebih men dalam. Para baptisan baru diajak untuk lebih menghayati imannya dengan terlibat langsung secara aktif di dalam hidup menggereja dan bermasyarakat, seperti: doa bulanan di lingkungan, latihan koor lingkun gan, sharing/pendalaman iman lingkungan, mengikuti perayaan Ekaristi secara rutin, serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
Sub seksi ini biasanya mulai melaksanakan kegiatannya 2 minggu setelah baptisan dilaksanakan. Kegiatannya dilaksanakan di gereja setiap pukul 15.00 dlam bentuk sharing pengalaman. Untuk saat ini Paroki Santo Agusti nus baru mempunyai 2 orang katekis yang menangangi mistagogi.
Sub Seksi Komuni I Sub seksi ini mempunyai peran memberikan bimb ingan dan pem bekalan kepada anak-anak yang akan menyambut Tubuh Kristus untuk pertama kali. Pembekalan atau bimbingan yang dilakukan agar anak lebih dapat memahami dan menghayati Ekaristi dalam misa maupun dalam hidup sehari hari sehingga mereka dapat menyambut Tubuh Kristus dengan penuh iman. Masa pembelajaran dilaksanakan selama 3 bulan. Paroki Santo Agusti nus menerimakan Sakramen Komuni I setiap 1 tahun sekali kepada anak-anak yang sudah mememnuhi persayaratan. Dalam pelayanannya sub seksi ini memiliki 10 orang katekis yang berkarya di paroki dan 3 orang katekis yang berkarya di stasi St. Petrus Ps Kemis.
Sub Seksi Krisma Sub seksi ini mempunyai peran memberikan bimbingan dan pem bekalan kepada umat agar lebih dewasa di dalam iman. Sub seksi ini melak sanakan kegiatannya setiap 2 tahun sekali dan terdapat 10 orang katekis yang berkarya di paroki dan 3 orang katekis yang berkarya di stasi St. Petrus Pasar Kemis.
5.
Dahulu Bina Iman Anak dikenal dengan sekolah minggu. Sekarang sebutan sekolah minggu berubah menjadi Bina Iman Anak mengikuti ketentuan dari KAJ, Bina Iman Anak bukanlah suatu instansi formal seperti sekolah yang memberikan nilai-nilai dalam bentuk mata pelajaran, tetapi lebih ke pembinaan iman anak dengan lebih dekat melalui permainan, musik, dan aktivitas lainnya. Seiring berjalannya waktu banyak kakak-kakak di luar profesi guru yang menjadi pembimbing BIA, dari Kak Petrus, Kak Thomas, Kak Dwi, Kak Maria masih banyak lagi.
Setelah Gereja Santo Agustinus memiliki gedung gereja kegiatan berpindah ke Pondok Mudika. Kegiatan Bina Iman Anak Paroki sendiri berlangsung sebulan dua kali. Kemudian berubah menjadi sebulan sekali dengan maksud mengembangkan kegiatan Bina Iman Anak di lingkup Wilayah dan Lingkungan. Kegiatan BIA di paroki pun didukung oleh para pembimbing dari wilayah dan lingkungan, yang bergiliran memimpin kegiatan BIA setiap bulannya. Kemudian kegiatan BIA Paroki berpindah ke salah satu ruangan di gereja yang dikenal dengan sebutan Ruang G. Kegiatan BIA di wilayah dan lingkungan pun turut berkembang. BIA di wilayah dan lingkungan ada yang berlangsung seminggu sekali ada yang sebulan sekali. Dan sekarang kakak-kakak pembimbing BIA nya pun juga turut berkembang dalam jumlah, dan tetap di bawah arahan Romo pembimbing.
Sub Seksi Bina Iman Remaja (BIR) BIR mulai hadir dan tampak eksistensinya di Paroki Santo Agustinus pada tahun 2008. Sejak saat itu berbagai kegiatan dilaksanakan oleh remaja-remaja Katolik Paroki Santo Agustinus Karawaci. Kegiatan BIR tidak hanya berhenti di lingkungan paroki, tetapi juga rutin mengikuti kegiatan pada tingkat Dekenat Tangerang, seperti memeriahkan perayaan Ekaristi dalam rangka Minggu Misi, meramaikan kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) BIR se-dekenat Tangerang. Bahkan BIR St. Agustinus juga ikut terlibat aktif dalam beberapa kegiatan di KAJ.
Sub Seksi PERSINK (Persaudaraan Siswa/i Negeri Katolik) Sub seksi ini mempunyai peran memberikan pelajaran agama Katolik kepada siswa/i yang bersekolah di sekolah negeri ataupun swasta non Katolik. Kurikulum yang terdapat di PERSINK sama dengan kurikulum sekolah, jadi baik materi, absensi, penilaian disesuaikan dengan yang berlaku atau ditetapkan oleh dinas pendidikan. PERSINK paroki St. Agustinus didirikan karena keprihatinan terhadap siswa/i Katolik yang bersekolah di sekolah negeri ataupun swasta non Katolik tidak memperoleh pelajaran agama Katolik. Saat ini PERSINK mempunyai 12 katekis dari tingkat SD sampai dengan SMA/SMK yang berkarya di paroki dan 6 orang katekis yang berkarya di stasi St. Petrus Ps Kemis. Mulai tahun ajaran baru 2012-2013 dan seterusnya, PERSINK melaksanakan kegiatannya setiap hari minggu bertempat di SD Strada Slamet Riyadi, dengan jadwal pukul 09.00 untuk SD, SMP, SMA/SMK kelas XII, pukul 10.30 untuk SMA/SMK kelas X dan XI. Sedangkan untuk di stasi St. Petrus Ps Kemis disesuaikan dengan situasi dan kondisi stasi serta para katekis.
Sub Seksi Bina Iman Anak (BIA) Bina Iman Anak di Paroki Santo Agustinus sudah ada sebelum gedung gereja Santo Agustinus itu berdiri, tahun 1982 yang dipelopori oleh Ibu Caecila Wuryati (biasa dipanggil Ibu Sisil kepala sekolah TK Dewi Sartika 3 sewaktu itu), dibantu oleh rekan-rekan guru lainnya, diantaranya Ibu Yanti, Ibu Maria dan banyak lagi. Kegiatan berlangsung di kelas-kelas setiap seminggu sekali.
Perhatikanlah, teman-teman muda : berenang melawan arus merupakan hal yang baik bagi jantung, tapi kita memerlukan keberanian untuk berenang melawan arus. Yesus memberikan kita keberanian ini! – Paus Fransiskus
43
Dahulu Bina Iman Anak dikenal dengan sekolah minggu. Sekarang sebutan sekolah minggu berubah menjadi Bina Iman Anak mengikuti ketentuan dari KAJ, Bina Iman Anak bukanlah suatu instansi formal seperti sekolah yang memberikan nilai-nilai dalam bentuk mata pelajaran, tetapi lebih ke pembi naan iman anak dengan lebih dekat melalui permainan, musik, dan aktivitas lainnya. Seiring berjalannya waktu banyak kakak-kakak di luar profesi guru yang menjadi pembimbing BIA, dari Kak Petrus, Kak Thomas, Kak Dwi, Kak Maria masih banyak lagi.
Setelah Gereja Santo Agustinus memiliki gedung gereja kegiatan berpindah ke Pondok Mudika. Kegiatan Bina Iman Anak Paroki sendiri berlangsung sebulan dua kali. Kemu dian berubah menjadi sebulan sekali dengan maksud mengembangkan kegiatan Bina Iman Anak di lingkup Wilayah dan Lingkungan. Kegiatan BIA di paroki pun didukung oleh para pembimbing dari wilayah dan lingkungan, yang bergiliran memimpin kegiatan BIA setiap bulannya. Kemudian kegiatan BIA Paroki berpindah ke salah satu ruangan di gereja yang dikenal dengan sebutan Ruang G. Kegiatan BIA di wilayah dan lingkungan pun turut berkem bang. BIA di wilayah dan lingkungan ada yang berlangsung seminggu sekali ada yang sebulan sekali. Dan sekarang kakak-kakak pembimb ing BIA nya pun juga turut berkembang dalam jumlah, dan tetap di bawah arahan Romo pem bimbing.
6.
7.
Sub Seksi Bina Iman Remaja (BIR) BIR mulai hadir dan tampak eksistensinya di Paroki Santo Agustinus pada tahun 2008. Sejak saat itu berbagai kegiatan dilaksanakan oleh remaja-remaja Katolik Paroki Santo Agustinus Karawaci. Kegiatan BIR tidak hanya berhenti di lingkungan paroki, tetapi juga rutin mengikuti kegiatan pada tingkat Dekenat Tangerang, seperti memeriahkan perayaan Ekaristi dalam rangka Minggu Misi, meramaikan kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) BIR se-dekenat Tangerang. Bahkan BIR St. Agustinus juga ikut terlibat aktif dalam beberapa kegiatan di KAJ.
Sub Seksi PERSINK (Persaudaraan Siswa/i Negeri Katolik) Sub seksi ini mempunyai peran memberikan pelajaran agama Katolik kepada siswa/i yang bersekolah di sekolah negeri ataupun swasta non Katolik. Kurikulum yang terdapat di PERSINK sama dengan kurikulum sekolah, jadi baik materi, absensi, penilaian disesuaikan dengan yang berlaku atau ditetapkan oleh dinas pendidikan. PERSINK paroki St. Agustinus didirikan karena keprihatinan terhadap siswa/i Katolik yang bersekolah di sekolah negeri ataupun swasta non Katolik tidak memperoleh pelajaran agama Katolik. Saat ini PERSINK mempunyai 12 katekis dari tingkat SD sampai dengan SMA/SMK yang berkarya di paroki dan 6 orang katekis yang berkarya di stasi St. Petrus Ps Kemis. Mulai tahun ajaran baru 2012-2013 dan seterusnya, PERSINK melaksanakan kegiatannya setiap hari minggu bertempat di SD Strada Slamet Riyadi, dengan jadwal pukul 09.00 untuk SD, SMP, SMA/SMK kelas XII, pukul 10.30 untuk SMA/SMK kelas X dan XI. Sedangkan untuk di stasi St. Petrus Ps Kemis disesuaikan dengan situasi dan kondisi stasi serta para katekis.