HARI MINGGU BIASA XII, 20 Juni 2021

Bacaan Pertama –Ayb 38:1.8-11
Disinilah gelombang-gelombangmu yang congkak akan dihentikan
Dari dalam badai Tuhan menjawab Ayub, katanya, “Siapa yang telah membendung laut dengan pintu, ketika laut itu membual ke luar dari dalam rahim samudera? Aku membuat awan menjadi pakaiannya dan kekelaman menjadi kain bedungnya; ketika Aku menetapkan batasnya, dan memasang palang dan pintu; ketika Aku berfirman: Sampai di sini boleh engkau datang, jangan lewat, di sinilah gelombang-gelombangmu yang congkak akan dihentikan!” Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan
Refren : Bersyukurlah kepada Tuhan, kekal abadi kasih setia-Nya

Mazmur :
* Ada orang-orang yang mengarungi laut dengan kapal, yang melakukan perdagangan di lautan luas; mereka melihat pekerjaan-pekerjaan Tuhan, dan karya-katya-Nya yang ajaib di tempat yang dalam,
* Ia berfirman, maka dibangkitkan-Nya angin badai yang meninggikan gelombang-gelombang laut. Mereka naik sampai ke langit dan turun ke samudera raya, jiwa mereka hancur karena celaka.
* Maka, dalam kesesakannya, berseru-serulah mereka kepada Tuhan, dan Tuhan mengeluarkan mereka dari kecemasan dibuat-Nyalah badai itu diam, sehingga gelombang-gelombang laut pun tenang.
* Mereka bersukacita, sebab semuanya reda, dan Tuhan menuntun mereka ke Pelabuhan kesukaan mereka. Biarlah mereka bersyukur kepada Tuhan karena kasih setia-Nya, karena karya0karya-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia.

Bacaan Kedua – 2Kor 5:14-17
“Sungguh, yang baru sudah datang”
Saudara-saudara, kasih Kristus telah menguasai kami. Sebab kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang juga pun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian. Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang!
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

Pengantar Injil

Alleluya. Alleluya
Seorang nabi agung telah muncul di tengah kita. Allah mengunjungi umat-Nya.
Alleluya.

Bacaan Injil – Mrk 4:35-41
“Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau taat kepada-Nya?”
Sekali peristiwa, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “”Marilah kita bertolak ke seberang.” Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia. Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: “Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?” Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?” Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: “Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?
Demikianlah Sabda Tuhan
Terpujilah Kristus