Seksi Sosial Paroki

Semua tugas rutin yang dilaksanakan oleh SSP St. Agustinus Karawaci Tangerang sesuai tugas / program dari KAJ, antara lain: memperhatikan dan membantu umat yang memerlukan bantuan dibidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, ketenaga-kerjaan dsb. SSP terdiri dari beberapa Sub Seksi, yaitu :
Memberikan bantuan berupa bahan makanan/sembako kepada umat Paroki yang tidak mampu pada waktu Natal dan Paskah. Di Hari Raya Lebaran memberikan paket sembako/makanan kepada umat non Katolik yang memerlukan melalui lingkungan. 1. Sub Seksi Ekonomi : a. Memberikan bantuan kepada umat yang memerlukan modal usaha. Memperhatikan umat yang memerlukan bantuan ekonomi. Pada tahun 1991 memprakarsai dan memberi modal awal untuk berdirinya Credit Union (CU)/Koperasi Kredit di Paroki Santo Agustinus. Berpartisipasi memberikan bantuan kepada korban banjir, adapun bantuan sebagian kami dapatkan dari umat, dan memberikan bantuan lintas paroki. b. c. d. e.
Perbaharuilah imanmu dengan menghadiri Misa Kudus. Jagalah pikiranmu tetap terpusat pada misteriyang disingkapkan dihadapan kita. Dalam mata pikiranmu, pindahkanlah dirimu ke Kalvari dan renungkanlah Kurban yang mempersembahkan diri-Nya kepada Keadilan Ilahi, yang membayar harga penebusanmu – Padre Pio 45
Ada tiga hal penting untuk keselamatan manusia, yaitu: mengetahui apa yang harus ia yakini, yang ia inginkan, dan yang harus ia lakukan. – St. Thomas Aquinas
46
Mengadakan Bakti sosial (Sunatan Massal) dalam rangka HUT Paroki yang ke-25. Memberikan bantuan biaya pengobatan rumah sakit kepada umat paroki.
2. Sub Seksi Pendidikan :
Memberikan bantuan dana pendidikan bagi umat yang tidak mampu setiap semester (1 tahun 2x) Pada semester genap (Jan s/d Juni) tahun ajaran 2012 – 2013, SSP memberikan bantuan bea siswa bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu yang berprestasi. Yang dimaksud dengan berprestasi adalah nilai raport rata2 diatas 8. Disini kami memberikan bantuan biaya uang sekolah sebesar 75% dari uang sekolahnya selama 1 semester. Untuk semester berikutnya akan diumumkan lagi, untuk menjaring anak-anak yang berprestasi. Rencana ke depan SSP Santo Agustinus akan mengikuti program Ayo Sekolah seperti yang telah dilaksanakan oleh Paroki-paroki lain.
a.
b.
c.
3. Sub Seksi Kesehatan : Setiap 3 bulan sekali mengadakan donor darah Pelayanan kepada umat setiap hari Minggu setelah Misa ke-dua Setiap bulan, Sabtu minggu pertama melayani bakti sosial pengobatan gratis bagi para Lansia. Pada 3 bulan terakhir (Maret – Mei 2013) dalam rangka APP 2013, setiap hari Sabtu menyediakan makanan sehat bagi para Lansia yang senam pagi di kanopi gereja. Mengadakan seminar tentang Demensia pada bulan April 2013 Pada event-event tertentu diminta bantuan oleh Panitia untuk Posko Kesehatan a. b. c. d. e. f.
Saya tidak mampu melakukan hal-hal besar, tapi saya ingin melakukan segala sesuatu, bahkan hal-hal terkecil sekalipun, untuk kemuliaan Allah yang lebih besar – St. Dominic Savio
47
g.
h.
Mengadakan Bakti sosial (Sunatan Massal) dalam rangka HUT Paroki yang ke-25. Memberikan bantuan biaya pengobatan rumah sakit kepada umat paroki.
4. Sub Seksi Ketenagakerjaan : Mengkoordinir Perusahaan2 yang membutuhkan tenagakerja. Mensurvei ke Balai Latihan Tenagakerja Don Bosco di Tiga Raksa untuk kemungkinan membantu bagi umat yang kurang mampu dan ingin bekerja. Mendukung program KAJ dibidang perburuhan / Ketenaga-kerjaan.